Kunci Jawaban KD1 – KD4

1. Pengertian yang tidak tepat berkaitan dengan rekaman adalah….

a. Rekaman bukan merupakan dokumen

b. Rekaman harus dikendalikan sesuai dengan persyaratan.

c. Rekaman adalah dokumen yang menyatakan hasil yang dicapai dari suatu proses

d. Rekaman merupakan bukti operasi yang efektif dari SMM

e. Rekaman ditetapkan untuk memberikan bukti kesesuaian terhadap persyaratan

2. Rekaman perlu didokumentasikan dengan tujuan untuk….

a. memudahkan revisi rekaman

b. memudahkan identifikasi

c. melengkapi data kegiatan

d. merealisasikan program kegiatan

e. memberikan bukti kesesuaian pada persyaratan

3. Kegiatan organisasi yang tidak dilengkapi dengan rekaman menunjukkan….

a. prioritas pada kepraktisan

b. sistem manajemen lemah

c. kualitas SDM tinggi

d. efisiensi tinggi

e. produktifitas rendah

4. Kegiatan berikut ini menuntut disediakannya rekaman, kecuali….

a. hasil evaluasi pemasok

b. laporan hasil audit internal

c. pengendalian rekaman

d. hasil tindakan perbaikan

e. hasil tindakan pencegahan

5. Rekaman dinyatakan tidak terkendali apabila

a. tetap dapat terbaca

b. segera dapat teridentifikasi

c. dapat diakses setiap saat

d. masa simpan ditetapkan dengan jelas

e. tidak tersedia di tempat

6. Prosedur terdokumentasi untuk mendefinisikan pengendalian rekaman tidak perlu mencakup….

a. identifikasi

b. teknik penyimpanan

c. teknik revisi

d. lama simpan

e. pemusnahan rekaman

7. Berikut ini yang tidak termasuk metode pengendalian rekaman adalah….

a. Rekaman diidentifikasi dan disimpan atas dasar satu satuan kegiatan

b. Daftar rekaman dibuat oleh setiap unit kerja

c. Identifikasi rekaman memuat nomor urut, judul rekaman, kode, tempat simpan & masa simpan.

d. Masa simpan rekaman diatur dalam Surat Keputusan top manajemen atau manajemen bidang terkait.

e. Rekaman yang telah habis masa simpannya langsung dimusnahkan tanpa harus dibuat berita acara

8. Berikut ini yang tidak merupakan bentuk kegiatan pengendalian rekaman adalah….

a. mengidentifikasi rekaman

b. mengklasifikasikan rekaman

c. memastikan umur simpan rekaman

d. menetapkan lokasi penyimpanan rekaman

e. menyembunyikan rekaman yang tidak pantas

9. Record management yang tidak baik dapat mengakibatkan kesulitan dalam menemukan rekaman tertentu. Hal ini dapat diatasi dengan kegiatan berikut, kecuali….

a. mengangkat personel baru

b. menyediakan daftar induk rekaman

c. membuat judul rekaman yang mudah dikenali

d. mengatur lokasi penyimpanan yang strategis

e. memberikan identifikasi rekaman yang jelas

10. Akumulasi dari berbagai rekaman dapat mengganggu dalam menemukan rekaman aktual. Hal ini dapat diatasi dengan menetapkan….

a. retention time of records

b. mater list of records

c. control of records

d. code of records

e. group of records

11. Tahap yang membedakan audit eksternal dari audit internal adalah….

a. tahap rapat pembukaan d. tahap rapat penutupan

b. tahap pelaksanaan audit e. tahap temu awal

c. tahap pengumpulan informasi awal

12. Check list audit dibuat untuk hal-hal berikut ini, kecuali….

a. memicu ingatan auditor

b. menampilkan pertanyaan kunci

c. menyediakan catatan audit

d. menyimpulkan hasil audit

e. mengelola waktu audit

13. Berikut ini adalah atribut dari auditor yang profesional, kecuali….

a. diplomatis d. percaya diri

b. gemar berdebat e. cepat memahami situasi

c. suka memperhatikan

14. Adequacy audit membandingkan antara….

a. pengakuan auditee terhadap realita di lapangan

b. dokumentasi dan persyaratan standar

c. dokumentasi terhadap pelaksanaannya

d. check list audit dan observasi

e. hasil interview dan observasi

15. Compliance audit membandingkan antara….

a. check list audit dan observasi

b. hasil interview dan observasi

c. pengakuan auditee terhadap realita di lapangan

d. dokumentasi dan persyaratan standar

e. dokumentasi terhadap pelaksanaannya

16. Informasi berikut ini harus ditulis dalam laporan audit, kecuali….

a. keluaran tinjauan manajemen d. keefektifan tindakan koreksi

b. rujukan temuan pengamatan e. rincian hasil pengamatan

c. usulan tindakan koreksi

17. Audit trend perlu dibuat terhadap total temuan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran mengenai hal-hal berikut ini, kecuali….

a. kekuatan organisasi

b. status sertifikasi

c. kelemahan organisasi

d. peluang peningkatan

e. program tindak lanjut

18. Bila pemantauan proses menunjukkan bahwa hasil yang direncanakan tidak tercapai, maka langkah yang harus ditempuh oleh organisasi adalah….

a. mengganti instrumen pemantauan

b. mengganti personel yang bekerja di lini proses

c. mengganti raw material

d. melakukan koreksi/tindakan koreksi

e. merevisi SOP proses

19. Kegiatan yang harus tercakup dalam tindakan koreksi adalah sebagai berikut, kecuali….

a. peninjauan ketidaksesuaian

b. penentuan penyebab ketidaksesuaian

c. penentuan tindakan yang dibutuhkan

d. rapat tinjauan manajemen

e. peninjauan tindakan koreksi

20. Verifikasi terhadap tindakan koreksi atas ketidaksesuaian yang terjadi lebih efektif apabila dilakukan oleh….

a. personel yang menemukan ketidaksesuaian

b. personel yang melaksanakan tindakan koreksi

c. personel yang melakukan investigasi ketidaksesuaian

d. personel yang menjadi pimpinan organisasi

e. personel yang menganalisis penyebab ketidaksesuaian

21. Derajat yang dicapai oleh karakteristik yang inheren dalam memenuhi persyaratan adalah definisi yang tepat untuk….

a. requirement d. satisfaction

b. grade e. goodness

c. quality

22. Pelanggan yang harus “dipuaskan” dalam konsep Total Quality Management adalah….

a. orang yang menyalurkan produk

b. semua pihak yang terkait dengan organisasi

c. orang yang memesan produk

d. orang yang membeli produk

e. orang yang menggunakan produk

23. Organisasi bergantung pada pelanggannya dan karenanya harus memahami kebutuhan kini dan mendatang dari pelanggannya. Hal ini sesuai dengan prinsip manajemen mutu….

a. involvement of people d. customer focussed organisation

b. system approach to management e. factual approach to decision making

c. process approach

24. Adanya customer feedback berupa komplain menuntut tanggung jawab organisasi untuk merespon dengan cara sebagai berikut, kecuali….

a. merekam komplain

b. menghindar dari masalah

c. menganalisis penyebab komplain

d. melakukan tindakan koreksi

e. memastikan status tindakan koreksi

25. Kewajiban bagi organisasi berkaitan dengan kepemilikan pelanggan adalah sebagai berikut, kecuali….

a. berhati-hati dengan kepemilikan pelanggan

b. menandai kepemilikan pelanggan

c. memanfaatkan kepemilikan pelanggan

d. memverifikasi kepemilikan pelanggan

e. menjaga dan melindungi kepemilikan pelanggan

26. Guna memberikan kepastian bahwa organisasi tidak mendapat beban resiko atas customer property, maka rekaman yang harus disediakan adalah….

a. rekaman pengembalian barang

b. rekaman penitipan barang

c. rekaman barang kadaluwarsa

d. rekaman kehilangan barang

e. rekaman kerusakan barang

27. Peran top manajemen berdasarkan prinsip manajemen adalah sebagai berikut, kecuali….

a. menetapkan dan memelihara kebijakan mutu dan sasaran mutu

b. memberikan kebebasan kepada setiap personel untuk bertindak sesuai dengan kesukaannya

c. memastikan tersedianya sumber daya yang diperlukan

d. meninjau sistem manajemen mutu secara periodik

e. memutuskan tindakan bagi perbaikan sistem manajemen mutu

28. Guna memastikan bahwa uraian tugas difahami oleh personel maka harus dilakukan kegiatan berikut ini, kecuali ….

a. uraian tugas dikomunikasikan

b. uraian tugas disahkan oleh atasan

c. uraian tugas ditetapkan oleh pihak yang berwenang

d. uraian tugas ditandatangani oleh personel yang bersangkutan

e. uraian tugas divisualisasikan di ruang kerja personel

29. Langkah pertama yang dilakukan untuk mendapatkan sertifikat ISO adalah….

a. penetapan quality policy d. komitmen top manajemen

b. pembentukan organizing comitte e. penunjukan tim audit

c. pembentukan steering comitte

30. Perhatikan gambar proses sertifikasi ISO 9001 berikut :

Pada fase A dilaksanakan kegiatan ….

a. Certification audit d. Internal audit

b. Surveillance audit e. Corrective action

c. Management review

31. Prinsip Quality Management System yang menjadi tujuan organisasi dan berhubungan dengan seluruh klausul ISO 9001 : 2008 adalah….

a. involvement of people d. factual approach to decision making

b. continual improvement e. customer focused organization

c. system approach to management

32. Aspek berikut ini tidak mutlak diperlukan untuk menjamin keefektifan suatu proses ….

a. kriteria keberhasilan proses

b. biaya pemantauan proses

c. personel pemantau kinerja proses

d. status hasil pemantauan proses

e. mekanisme pemantauan proses

33. Proses dalam sistem manajemen mutu dinyatakan terkendali apabila memenuhi kriteria berikut ini, kecuali….

a. ada penanggung jawab yang ditunjuk

b. efektif dalam mencapai hasil yang dikehendaki

c. proses berlangsung meskipun tanpa prosedur

d. implementasi sesuai prosedur

e. proses diidentifikasi dan ditetapkan

34. Perhatikan gambar model SMM berikut :

Apabila A, B, C, D berturut-turut adalah Management responsibility, Resource management, Product realisation, dan Product, maka E adalah….

a. Measurement, analysis & improvement d. Management review

b. Corrective action e. Promotion and marketing

c. Preventive action

35. Setiap kegiatan mengubah input menjadi output harus dikendalikan untuk memberikan jaminan mutu. Hal ini sesuai dengan prinsip….

a. involvement of people

b. process approach

c. system approach to management

d. leadership

e. factual approach to decision making

36. Maksud dan arahan secara menyeluruh dari sebuah organisasi terkait dengan mutu dan dinyatakan secara resmi oleh top manajemen dituangkan dalam bentuk….

a. quality management d. quality objective

b. quality management system e. management system

c. quality policy

37. Syarat yang harus dipenuhi berkaitan dengan desain kebijakan mutu organisasi adalah sebagai berikut, kecuali….

a. sesuai dengan tujuan organisasi

b. mencakup komitmen untuk memenuhi persyaratan

c. difahami terbatas pada jajaran staf pimpinan

d. disosialisasikan di dalam organisasi

e. di-review agar terus-menerus sesuai sesuai dengan tujuan organisasi

38. Dengan menerapkan ISO 9001 : 2008 berarti….

a. regulasi eksternal tidak perlu diregistrasi

b. semua peraturan pemerintah sudah terakomodir

c. peraturan perundang-undangan tidak diperlukan lagi

d. ketentuan hukum tidak perlu dipertimbangkan

e. regulasi eksternal organisasi tetap harus dipatuhi

39. Sistem yang dikembangkan berdasarkan persyaratan ISO 9001 : 2008 diarahkan untuk hal-hal berikut ini, kecuali….

a. memperagakan kemampuan organisasi untuk taat asas

b. melakukan perbaikan berkelanjutan

c. membuat organisasi bebas dari kesalahan

d. mencegah ketidaksesuaian

e. mencapai kepuasan pelanggan

40. Keuntungan bagi perusahaan yang menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 adalah sebagai berikut, kecuali….

a. mengurangi rework, sehingga terjadi efisiensi.

b. meningkatkan “quality image” perusahaan.

c. membuka akses pasar yang lebih luas.

d. memastikan konsistensi mutu produk.

e. perusahaan tidak harus bertindak berdasarkan data.

41. Quality objective berikut ini yang paling memenuhi persyaratan adalah….

a. menekan kerusakan produk semaksimal mungkin

b. menurunkan kerusakan produk sampai pada level aman

c. mengupayakan proses produksi selalu berhasil

d. mengendalikan operasi proses sesuai SOP

e. mengendalikan produksi pada level keberhasilan minimum 98%

42. Kegiatan berikut ini dapat menunjang tercapainya quality policy organisasi, kecuali….

a. membuat parameter sasaran mutu yang lebih progresive

b. memonitor ketercapaian sasaran mutu secara reguler

c. menetapkan sasaran mutu yang spesifik

d. menetapkan sasaran mutu yang measurable

e. menetapkan sasaran mutu yang perfect

43. Agenda materi yang harus dibahas dalam rapat management review adalah sebagai berikut, kecuali ….

a. results of audits,

b. reward and punishment

c. customer feedback

d. status of preventive and corrective actions

e. recommendations for improvement

44. Pengelolaan SDM berikut ini sesuai dengan kaidah SMM, kecuali….

a. personel yang bekerja pada bagian yang dapat mempengaruhi mutu produk memiliki kompetensi yang sesuai

b. rekaman diklat dibuat terbatas untuk personel kunci

c. setiap kegiatan training harus dievaluasi keefektifannya.

d. personel yang telah mengikuti training harus mempunyai kontribusi terhadap organisasi.

e. penyesuaian kompetensi dapat ditempuh melalui kegiatan training.

45. Berikut ini adalah bukti implementasi klausul 6.3 ISO 9001 : 2008 terkait dengan infrastruktur, kecuali ….

a. jadwal rencana pemeliharaan alat/mesin

b. kartu pemeliharaan alat/mesin

c. rekaman proses pembelian alat/mesin

d. daftar inventarisasi aktual bagi alat/mesin

e. identifikasi status kondisi alat/mesin

46. Penyediaan kotak P3K di area yang rawan kecelakaan merupakan bukti komitmen dalam memenuhi persyaratan ISO 9001 : 2008 ….

a. pasal 5.2

b. pasal 6.2.2

c. pasal 6.3

d. pasal 6.4

e. pasal 8.2.1

47. Kondisi berikut menggambarkan bahwa pasal 6.4 ISO 9001 : 2008 telah dijalankan ….

a. pengelolaan bahan kimia mengacu pada MSDS

b. bahan kimia korosif tidak disimpan di lemari asam

c. mesin dengan resiko bahaya tinggi tidak dioperasikan

d. tabung gas LPG berada di area rawan kebakaran

e. ruang dengan pencahayaan lemah telah dicatat

48. Proses pembelian berikut ini mengacu pada pasal 7.4.1. ISO 9001 : 2008, kecuali….

a. organisasi harus menilai dan memilih rekanan berdasarkan kemampuannya memasok produk sesuai dengan persyaratan organisasi

b. produk yang dibeli harus sesuai dengan persyaratan pembelian yang ditentukan

c. kriteria pemilihan, penilaian dan penilaian ulang rekanan harus ditetapkan

d. verifikasi pembelian tidak boleh dilakukan di tempat pemasok

e. rekaman hasil penilaian rekanan harus dipelihara

49. Parameter kualitas, ketepatan pengiriman, harga & kesigapan penanganan keluhan digunakan dalam menjamin pembelian yang memenuhi persyaratan, khususnya pada tahap ….

a. proses transaksi

b. verifikasi produk

c. survei rekanan

d. seleksi rekanan

e. evaluasi rekanan

50. Penerimaan barang yang dikirim oleh pemasok perlu dicek mengenai jenis, jumlah dan spesifikasinya untuk memastikan kesesuaiannya dengan pesanan. Hal ini diatur dalam…

a. seleksi rekanan

b. evaluasi rekanan

c. verifikasi produk

d. informasi pembelian

e. proses pembelian

51. Metode pengendalian dokumen mencakup kegiatan di bawah ini, kecuali….

a. menyetujui dokumen atas kecukupannya sbelum diterbitkan

b. menelaah, memperbaharui & menyetujui ulang dokumen

c. memastikan status revisi terkini dokumen teridentifikasi

d. memastikan dokumen kadaluwarsa harus tetap dipelihara

e. memastikan versi relevan dokumen tersedia di tempat pengguna

52. Berikut ini merupakan ciri-ciri dokumen terkendali, kecuali….

a. terdapat identifikasi

b. dilengkapi dengan status revisi

c. dilengkapi dengan daftar distribusi

d. format baku tidak dapat ditawar

e. ada stempel terkendali

53. Prosedur berikut ini wajib dibuat oleh organisasi yang menerapkan SMM ISO 9001 : 2008, kecuali….

a. Pengendalian dokumen

b. Pengendalian rekaman

c. Pengendalian produk tidak sesuai

d. Audit Internal

e. Analisis data

54. Istilah documented procedure mengharuskan dilaksanakan kegiatan berikut ini, kecuali….

a. penetapan dokumen

b. penerapan dokumen

c. revisi dokumen

d. penyimpanan dokumen

e. pemeliharaan dokumen

55. Mekanisme kerja organisasi lintas departemen diatur dalam :

a. quality manual

b. quality document

c. quality procedure

d. SOP

e. Work instruction

56. Pengendalian dokumen bahan & materi promosi berupa brosur dilakukan dengan cara….

a. menyimpan brosur sebanyak yang didistribusikan

b. memastikan adanya verifikasi

c. membuat desain yang menarik

d. mendistribusikan brosur terbatas kepada audien yang dikenal

e. menerbitkan brosur dengan hati-hati

57. Informasi berikut ini tidak diperlukan dalam manual mutu….

a. peta proses bisnis organisasi

b. interaksi proses dalam organisasi

c. cakupan SMM termasuk pengecualian

d. instruksi kerja operasional proses

e. referensi dokumen pendukung SMM

58. Ketentuan berikut ini berlaku dalam melakukan revisi dokumen terkendali kecuali….

a. Dokumen lama ditarik dari peredaran

b. Distribusi dokumen tercatat

c. Dilakukan persetujuan ulang

d. Nomor revisi dokumen harus diganti

e. Revisi harus mencakup semua lembar dokumen

59. Nomor klasifikasi pada buku induk, nomorisasi label buku dan penulisan pada slip peminjaman buku di perpustakaan dilakukan untuk memenuhi ketentuan….

a. inventarisasi dokumen

b. identifikasi & mampu telusur

c. pemantauan proses

d. pemantauan produk

e. pegendaian produk non conformance

60. Akumulasi dari berbagai dokumen dapat mengganggu dalam menemukan dokumen aktual. Hal ini dapat diatasi dengan….

f. mengganti semua dokumen lama

g. menunda penambahan dokumen baru

h. memusnahkan dokumen kadaluwarsa

i. menyediakan tempat penyimpanan yang luas

j. membatasi masa berlaku dokumen 1 tahun saja